Sampah Pantai Menggunung, Tuban Belajar dari Singapura


Pemkab Tuban, Dinas Kebersihan

Pagi itu saya melihat orang berseragam PNS sedang gotong royong menyikat bersih pantai utara Tuban, tepatnya antara muara sungai di desa Dasin hingga pantai depan klenteng Kwan Sing Bio. Secepatnya saya ambil ponsel di ransel untuk mengabadikannya. Harapan saya: momen ini menjadi contoh masyarakat Tuban

rudono1

Muara sungai di desa Dasin Tuban ini penuh sampah, artinya desa-desa di sepanjang aliran sungai ini merupakan penyumbang sampah terbesar sepanjang tahunnya. Ini adalah aktifitas sikat bersih pantai utara oleh Dinas Kebersihan Tuban. Masyarakat sepanjang sungai ini wajib diajak untuk kerja bakti di sini, agar ada rasa ‘handarbeni’. Jika tidak sekarang lantas kapan lagi?

rudono2

Dari jauh saya tangkap momen gotong royong, memindahkan sampah dari pantai ke bak truck sampah. Ini sebuah kepedulian yang luar biasa. Namun sayang, setelah seharian pantai bersih kinclong, esok paginya saya pun ke pantai lagi. Sungguh diluar dugaan, pantainya full sampah. Memang semalam Tuban diguyur hujan, sampah turut hanyut ke sepanjang aliran sungai, dan pantai luar biasa kotornya. Pekerjaan sikat bersih pantai kemarinpun jadi sia-sia. Duh peliknya!

rudono3

benar saja, sebuah kepedulian terhadap kebersihan pantai patut diapresiasi positip. mungkin Tuban perlu mencontoh Singapura dalam menegakkan kebersihan. Singapura butuh waktu 20 tahun mengubah negerinya dari kekumuhan, dengan menerapkan denda yang tinggi bagi masyarakat pembuang sampah sembarangan.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s