Putihnya Pasir Pantai Remen

bikers destination

Rute Menuju Lokasi :

1. Dari Arah Tuban Kota

Namanya saja lokasi baru, banyak orang bertanya-tanya soal rute menuju Pantai Pasir Putih. Termasuk saya yang rumahnya dekat dengan lokasi masih harus tanya juga. Baiklah pembaca, saya akan memandu sedikit detil arah tempuh menuju lokasi wisata baru ini.

pasir putih remen jenu

pantai pasir putih remen jenu tuban berlatar belakang tppi

Jika kita berada di Tuban kota, ambillah arah ke barat di jalan Panglima Sudirman (dulu namanya jalan Deandeles), jalan ini adalah jalan raya Jakarta – Surabaya. Jika kita sudah sampai di TWLT atau Terminal Wisata Laut Tuban maka posisi kita sudah masuk di kecamatan Jenu.

ada penjual keliling  makanan ringan

ada penjual keliling makanan ringan

Nah, kita terus ke arah barat atau ke arah Jenu Kotanya, sambil menikmati perjalanan kita tidak usah tergesa-gesa di jalur ramai ini. Ancer-ancernya adalah kantor Koramil Jenu yang ada di sisi kiri atau selatan jalan, maka pelankan laju kendaraan, tampak di seberang jalan (utara jalan) ada jalan ‘Menceng’ ke arah PLTU Tanjung Awar-awar kita menyeberang ke arah itu dengan hati-hati. Jalan Menceng atau pertigaan ini banyak orang menyebut dengan istilah ‘Surya Gemilang’ mengambil nama depot di pojok situ.

menorehkata.wordpress.com_ekonomi rakyat pasir putih.jpg11

penjual jasa mainan mempersiapkan dagangannya

Kita terus mengikuti arah jalan aspal tersebut, kita akan menemukan lokasi Pusat Listrik Tenaga Uap / PLTU yang baru berdiri beberapa waktu yang lalu. Di PLTU itu artinya kita berada di desa Wadung, dan lempeng saja kita akan menemukan perempatan Masjid Mubarokh – Ringin Wadung.

menorehkata.wordpress.com_parking pasir putih.jpg9

parkir yang nyaman dikelilingi pohon trembesi rindang

Jika kita sudah berada di perempatan Masjid Mubarokh – Ringin Wadung, maka ada 2 jalur yang bisa kita lalui.

Ada 2 pilihan jalur:

A.  Jika ambil jalan lurus akan masuk desa Sumurgeneng. Ikuti arah jalan aspal ke barat saja, kita akan menemukan perempatan Dusun Pomahan maka lempeng saja ke barat hingga menemukan pertigaan SDN Sumurgeneng 1, pas pertigaan beloklah ke arah kanan/ utara menuju desa Remen. Lempeng saja ke utara dan mentok di pertigaan Mentoso, maka beloklah ke kiri/ barat, maka kita bakal menemukan gapura perbatasan bertuliskan “ANDA MASUK DESA REMEN”.

menorehkata.wordpress.com_pengunjung pasir putih.jpg12

wisatawan roda dua antri bayar tiket parkir

B. Dan jika di perempatan Masjid Mubarokh kita ambil jalan belok ke arah utara atau kanan, kita melewati desa Rawasan, Mentoso. Bila sampai tikungan Mentoso dan melihat pantai artinya kita makin dekat lokasi yang kita tuju. Desa Remen berbatasan dengan desa Mentoso. Dari Mentoso kita ikuti arah jalan tersebut ke barat hingga ada gapura selamat datang “ANDA MASUK DESA REMEN”.

Oke kita sekarang sudah berada sangat dekat dengan lokasi, pelan-pelan saja karena ini adalah jalan desa, sekaligus menghindari kita kebablasan jalan, karena papan penunjuk arah menuju Pantai Pasir Putih sangat kecil berukuran 50 cm x 75 cm, jika kita sudah menemukan penunjuk arah warna kuning tersebut di pojok pertigaan jalan, maka kita masuk saja ke arah panah atau Utara.

Denah Simpelnya

[Tuban Kota – TWLT Jenu – Koramil Jenu / Surya Gemilang – PLTU – Masjid Mubarokh – Desa Rawasan- Desa Karanganyar – Desa  Mentoso – Gapura Perbatasan masuk Desa Remen – Pertigaan terpasang papan lokasi Pantai Pasir Putih – Lokasi]

menorehkata.wordpress.com_geliat ekonomi masyarakat remen.jpg1

wah sudah ada kios penjualan kaosnya juga ya

menorehkata.wordpress.com_jual kaos

datang ke sini & bawa oleh-oleh kaos pasir putih remen

2. Dari Arah Baratnya Jenu

Maka simpel saja, ada 2 jalur yang bisa dari arah baratnya Jenu, yakni

A. Pertigaan Desa Purworejo

Jika kita dari arah barat, maka kita akan menemukan pertigaan Desa Purworejo. Jalur ini merupakan jalan kembar untuk akses kendaraan menuju TPPI / Trans Pacific Petrochemical Indotama yang berpusat di pinggir laut desa Tasikharjo kecamatan jenu. Dari pertigaan ini lempeng saja ke utara, kita melewati jalan menikung ke timur mengikuti jalan dobel tersebut melewati TPPI sampai habis di perbatasan desa. Tasikharjo wilayahnya berbatasan dengan desa Remen. Selanjut bisa bertanya pada penduduk atau mencari pertigaan yang terpasang banner kecil seperti keterangan di atas, tanda panah dan teks PANTAI PASIR PUTIH REMEN.

B. Pos Ojek Kali-Gebang, Hutan Jati Peteng

Apabila kita dari arah barat kebablasan dan sudah terlanjur melewati pertigaan desa Purworejo, tak perlu cemas. Sampailah kita  di wilayah hutan Jati Peteng, maka pelanlah berkendara sambil menikmati suasana hutan jati. Jika sampai Pos Ojek Kali Gebang maka turunlah jika kita naik MPU/ bus umum. Kita bisa minta petugas ojek yang ramah-ramah tersebut mengantarkan ke lokasi pasir putih remen. Namun jika kita membawa kendaraan pribadi maka belokkan mobil kita ke kiri / utara. Terus lempeng ikuti jalan aspal tersebut hingga mentok di pertigaan desa. Beloklah ke kanan/ timur, cari pertigaan yang paling dekat dengan SDN Sumurgeneng 1, lalu beloklah ke kiri/ utara. Lempeng saja hingga mentog di pertigaan Mentoso. Beloklah ke kiri/ barat maka kita akan menemukan gapura perbatasan bertuliskan “ANDA MASUK DESA REMEN”. Langkah selanjutnya sperti keterangan awal.

menorehkata.wordpress.com_ekonomi rakyat.jpg18

warga setempat pandai memanfaatkan peluang ekonomi

Awas Jalan Sempit

Jika kita terus ke utara menuju arah lokasi, dan sampai pertigaan jalan kampung maka kita akan dipandu oleh petugas, terkadang kita harus diberhentikan untuk sementara karena dari arah utara atau arah berlawanan ada mobil wisatawan yang akan keluar. Maklum jalan ini sempit hanya cukup untuk satu mobil saja.

Hanya tiket parkir

Jika sampai maka kita akan disambut oleh petugas parkir yang ramah di situ. Untuk mobil tiket parkirnya Rp.5000, tiketnya jangan dibuang lho. Dari tempat parkir mobil yang rindang dikelilingi pohon Trembesi ini kita jalan kaki menuju kawasan pantai. Oya untuk kendaraan roda dua parkirnya dekat gapura masuk, tiketnya Rp.2000.

Okelah pembaca, selamat bersenang-senang dengan keluarga, sahabat teman dan handai taulan. Semoga panduan menuju lokasi ini bermanfaat. Jangan lupa bahwa berkunjung di pantai ini dibatasi hingga jam 5 sore. Salam…

menorehkata.wordpress.com_waktu.jpg1

5 pm must go home

#r

fotografer : Atta Al Farisy

8 responses to “Putihnya Pasir Pantai Remen

• ayo mbak Dian, lekas ke sana. paling bagus pemandangannya jika malam habis hujan, dan paginya masih ada bekas2 hujan & mendung, kayak bukan di Tuban saja lo rasanya.

Suka

• kayaknya jadi fleksibel ya aturannya mgkn krn sikon, yg tertulis di gapura jam 5, tempo hari pas antar tamu dari bogor smpe jam setengah enam baru pulang, ya memang jam segitu masih terang sekali suasana matahari terbenamnya. kalo warga lokal sampai malam om juga belum tahu ya, mgkn bgt kan mereka yg punya. ngomong2 kapan ke sana mbak?

1. Wah ternyata tuban ada pantai pasir putihnya juga.. Kalo naik bus sby-smg turun “surya gemilang” ada pos ojek nya enggak pak?

2. di sisi selatan jalan surya gemilang dekat warung & kios buah biasanya ada ojek yang mangkal. bbrp wkt yg lalu sempat sy baca di papan tidak resmi yg dipaku di pohon ada no handphone ojek yg bs dikontak. jika tdk keberatan sdr Risky bisa bertanya orang2 yg mangkal di situ.

Suka

3. selamat pagi,saya ingin bertanya kepada Anda, menurut Anda bagaimana potensi Pantai Pasir Putih untuk dikembangkan menjadi ekowisata? sedangkan lokasinya berada di tengah-tengah kawasan industri berat? Terimakasih mohon pendapatnya untuk bahan skripsi saya, terimakasih sebelumnya